Perkembangan si Kecil

12 Nov 2010

Bismillaah...
Akhirnya si kecil hampir 6 bulan berada dalam rahimku. Gerakannya yang mulai aktif membuat aku tak berhenti merasa bahagia. Gerakannya memang tergolong aktif karena hampir sepanjang hari dia menendang-nendang dan berputar-putar di dalam sana. Terutama kalau ibunya sedang duduk, pasti dia protes karena sewaktu duduk memang aliran darah tidak selancar ketika berbaring atau berjalan. Aliran darah yang tidak lancar menyebabkan suplai oksigen juga kurang lancar. Makanya bumil jangan terlalu lama duduk. Usahakan berjalan-jalan setiap 1 jam sekali. Berdiri terlalu lama juga bisa menyebabkan varises atau kram. So, the best position is walking or lay on the bed. Hehe...


Insyaallah HPL masih 3 bulan lagi. Tapi melihat pertumbuhan berat badanku yang begitu pesat membuatku cukup khawatir. Sebelumnya saat kontrol di Jogja, dr. Dyah sempat mengultimatum untuk menjaga BB. Waktu itu memang aku cuek sekali soal BB. Nah, begitu periksa BBku langsung melonjak 3 kg dalam sebulan! Hehe... memang waktu itu beberapa hari sebelum periksa aku makan es krim agak banyak, trus silverqueen, trus burger-nya mcD 2 kali.. Gimana nggak bengkak??! Akhirnya dr. Dyah menyuruh untuk mulai kontrol pertambahan BB. Pertambahan BB setiap bulan seharusnya nggak boleh lebih dari 2 kg. Sedangkan waktu periksa pertambahan BBku 3 kg dalam sebulan. Hiks...

Akhirnya aku mulai berusaha menjaga BBku. Tapi susahnyaaa... secara masuk trisemester kedua bawaan bumil kan pingin makan... dan ngemil... dan makan... Tetap aja roti-roti semacam sariroti yang singgah di perutku. Sedihnya lagi, waktu kontrol kandungan di Purwokerto sama dr. Endang, BB sudah naik 3 kg lagi. Hiks!! Baiklah, dengan penuh tekad akhirnya mulai menjalankan diet sehat buat bumil:
  • Jalan-jalan pagi setiap hari minimal 20 menit (asyiknya ditemani suami ^^)
  • Tidak ada makan malam di atas jam 7
  • Susu hanya 1 kali sehari
  • Bila perut terasa lapar padahal sudah makan, jangan makan nasi atau roti, tapi ganti dengan buah (terutama buah-buahan yang banyak airnya atau pisang) atau sayur
  • Sebelum makan besar, minum air putih 1 gelas karena air bisa menimbulkan rasa kenyang
  • Makan dengan perlahan karena makan perlahan bisa menimbulkan rasa kenyang lebih lama (makanan tercerna dengan sempurna)
  • Keluarkan es krim atau air es manis dari daftar konsumsi!
Baiklah dokter... saran untuk mengurangi karbohidrat dan menggantinya dengan makanan yang banyak mengandung protein seperti telur ayam rebus.
Yang jelas memang batas ideal kenaikan berat badan untuk bumil yang BBnya normal adalah 15 kg. Lebih dari itu beresiko bayi besar sehingga harus SC. Selain itu setelah melahirkan, bumil yang BBnya naik lebih dari 15 kg juga cenderung sulit menurunkan BB seperti semula. Saat ini BBku 57-58 kg (naik turun sih!), padahal sebelum lahir BBku 47 kg. Berarti jatahku untuk naik BB tinggal 4 kg. Hiks... bisa nggak ya... Tapi kata kakak yang udah pernah melahirkan, biasanya sebelum HPL BB bumil akan sedikit turun. Semoga... semoga aku bisa melahirkan dengan normal...

4 komentar:

umm harits mengatakan...

Optimis ukhti.. bisa partua normal. dan banyak berdo'a. carilah Sp.Og, yang "terkenal" tidak gampang untuk saran SC, dan pro partua normal. Semoga dimudahkan Alloh.

sikecil mengatakan...

aamiin.. jazaakillaahu khoiron supportnya, um.. iya nih, soalnya pengalaman Sp.Og perempuan di sini lebih banyak menyerahkan ke bidan, jadi kemungkinan lahiran "ngungsi" ke jogja ^^

cizkah mengatakan...

huhuh...makan semangka dewiii...
kalo ini favorit keluarga ana sih...bener2 hampir selalu ada di kulkas...tapi lama2 berasa, kalo laper trus makan semangka semangkok, kerasa kenyang...tapi kalo buah itu kan prinsipnya gak lama di perut, cuma lewat...

Wah, beneran mo lahiran di Jogja?
Tadi barusan ana telp sakina, alhamdulillah udah dukung IMD juga nih. 3 tahun yl juga dukung, cuma pas Ziyad kok ana gak di-IMD?
Katanya kmgknan keadaan bayi apgarnya kurang bagus, jadi gak memungkinkan utk IMD. Iya juga sih, dulu Ziyad lsg dikasih oksigen.

Perlu diperhatiin timbangnnya itu sama gak Dewi.
Udah baca postingan ana yg ini

(ini sbnrnya juga postingan buat Dewi)
Soalnya ana periksa di Sakina sama di JIH, standar timbangannya kayanya beda, di JIH kelebihan 2kg huhu...kmrn ana juga disuruh diet mengingat kehamilan pertama cuma nambah 12kg.

sikecil mengatakan...

jazaakillaahu khoiron mba sis.. ana sebenernya udah baca lama, tapi lupa meninggalkan "jejak" di blognya mba, jadi mba siska nggak tau kalo ana udah baca. hehe..
Timbangannya sama mba, sama yg di rumah. Ana udah ngitung total pertambahan BB dari awal hamil sampai bulan ke-6 ini udah 11 kg!! Mungkin karena awal hamil muntah-muntahnya juga cuman dikit..
Ana juga suka banget semangka, sayangnya bakat darah rendah, jadi nggak berani makan porsi banyak selama hamil ini, soalnya sekarang gampang banget ngedrop.
Insyaalloh lahiran di Jogja. Tapi belum nentuin tempat, rencananya desember besok kalo pulang mau sekalian survey (nunggu merapi nggak bergejolak lagi ^^).
Semoga lahiran kita lancar ya mba.. jangan lupa kasih kabar yaa kalo ade'nya ziyad udah lahir ^^

Posting Komentar