Tiga Bulan Menjelang Empat

26 Mei 2011

Sebenarnya telat nulisnya karena sekarang Naura sudah hampir 4 bulan. Cepet banget rasanya ^^


Perkembangan di tiga bulan ini lebih banyak di komunikasi verbal-nya. Naura sudah mulai banyak ngoceh terutama bangun tidur di pagi hari. Mulai dari teriak "aahh... aaahhh.." sampai "nggiihh.." dan "aa.. yaah.." (ayah? hehe.. sound like that *ibunya ngiri*) sering juga adu teriak sama ayahnya "aaaa....." (lebar-lebaran mulut).



Perkembangan sosialnya juga sudah mulai terlihat. Kalau dulu masih agak susah senyum, sekarang gampang banget senyum (bahkan bisa tertawa terkekeh-kekeh kalau bercanda sama ibu *kali ini ayah yang ngiri*). Kalau melihat anak-anak kecil main bisa senyum-senyum sendiri, bahkan teriak-teriak penuh semangat "aah.. aahh.." gitu.


Perkembangan motoriknya baru sampai belajar menggenggam (alhamdulillaah sudah lumayan banyak kemajuan). Kalau dulu untuk mulai meraih benda harus dengan 2 tangan yang digerakkan secara simetris, sekarang sudah bisa meraih dengan 1 tangan. Kadang kalau ditinggal main sendiri, semua yang dipegang tau-tau sudah masuk mulut (wah, harus ekstra pengawasan pokoknya). Naura memang baru gemar-gemarnya ngemut tangan, kadang sampai gumoh. Aku dan maz nggak pernah melarang sih, cuma selalu menjaga biar tangannya selalu bersih (dan "menjaga" tangannya dari sepupu-sepupu kecilnya yang gemes pingin megang ^^). Sudah dibeliin theeter (Naura sekarang juga mulai nggigit kalau gemes atau susah napas *ini aja pakai gusi gimana kalau tumbuh gigi?*), tapi jarang dipakai karena belum fasih megangnya. Soalnya kalau diberi theeter bukannya digigitin malah tangannya yang diemut-emut. Insyaalloh ini baru mau dipakai lagi.


Perkembangan yang masih belum terlalu signifikan yaitu belajar tengkurapnya. Naura sudah pintar miring sendiri (tapi kok kaya'nya kadang malas ya?), tapi masih susah.. banget buat tengkurap tanpa dibantu. Buat terlentang baru 3x berhasil selama ini tanpa dibantu. Kalau mau terlentang tapi nggak bisa dan nggak dibantu pasti ribut. Jadi berpikir apa mungkin ini pengaruh clodi dan pospak yang selalu melekat dari pagi sampai pagi lagi? Kalau kata eyangnya sih, Naura keberatan pantat sama kepala jadi susah (hehe... iya sih, Naura memang tergolong bayi montok, BB-nya aja sekarang sudah 7 kg, panjang 59 cm, lingkar kepala 39 cm *habis diukur ayahnya*). Mungkin mau dicoba belajar tengkurap lagi tanpa clodi atau pospak. Sebenarnya udah beli perlak gede banget buat belajar tengkurap sama merangkaknya Naura dan baru dicoba 2x.


Menjelang 4 bulan ini malah Naura baru kena flu. Alhamdulillaah nggak pakai batuk dan demam, jadi cuma "sibuk" ngurusin hidung buntunya aja. Kalau biasanya dia tidur tanpa bantal, kemarin tidur harus diganjal bantal 2. Kadang kambuhnya kalau mau tidur malam sama habis mandi. Sempat diterapi pakai air panas ditetesin minyak telon dan minyak kayu putih, bajunya diolesin minyak kayu putih, dahinya diolesi tumbukan pala, nggak banyak membantu. Yang membantu justru dijemur pagi-pagi sampai keringetan dan anaknya protes, terus diolesi transpulmin BB malam dan pagi habis mandi. Oya, sempat bikin larutan NaCl sendiri terus ditetesin ke hidung, habis itu disedot pakai sedot ingus. Tapi ternyata sedot ingusnya tetep disedot pakai mulut, dan itu nggak boleh dipakai sama dokter anak, jadi ya nggak dipakai lagi deh.


Semoga lekas sembuh ya, sayang... (mau diajak pulang tempat mbah, lho ^^)

2 komentar:

Akhwat's Note mengatakan...

baarokallahu fiik

si kecil mengatakan...

wa fiiki baarokalloh..

Posting Komentar